Senin, 19 November 2012

Definisi Internet Marketing dan Perbedaannya dengan Bisnis Online


Definisi Internet Marketing

Seiring perkembangan dunia Internet yang semakin maju pesat, berbagai istilah muncul dalam dunia Internet dan salah satunya adalah istilah Internet Marketing.

Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan World Wide Web. Produk yang dipasarkan bisa produk sendiri atau produk orang lain (affiliasi) dengan pembagian komisi dalam jumlah tertentu (sistem persentase). Pelaku internet marketing biasa disebut dengan Internet Marketer.

Perbedaan Internet Marketing dengan Bisnis Online

Ada sedikit perbedaan antara Internet marketing dengan bisnis online. Bisnis online adalah sebuah kegiatan wirausaha profesional yang dilakukan dengan menggunakan Internet sebagai media promosinya. Pelaku bisnis online yang sering disebut netpreneur sudah memahami betul apa yang akan dijual dan bagaimana menjualnya. Seorang pelaku bisnis online tentunya sudah memiliki rencana tersediri yang tersusun rapi untuk mengembangkan bisnisnya dari segi modal, operasional, promosi, dan lain sebagainya. Pelaku bisnis online selalu memiliki manajemen resiko untuk menghadapi segala kemungkinan termasuk manajemen resiko saat mengalami kerugian. Para pebisnis online biasanya memiliki produk sendiri untuk dipasarkan baik produk digital maupun fisik. Dalam menjalankan sebuah bisnis online, memerlukan rencana yang tepat, modal yang lumayan besar, SDM yang profesional, dan produk-produk yang berkualitas.

Contoh bisnis online adalah membuka toko online dengan produk-produk sendiri. Dalam hal ini maka dibutuhkan sumber daya manusia untuk mengelola toko online tersebut mulai dari bagian pengadaan barang, pengiriman, customer service, admin website, dan lain-lain.

Bisnis Internet marketing merupakan bagian dari bisnis online. Memulai bisnis Internet marketing tidak membutuhkan modal yang besar sebagaimana bisnis online, cukup memiliki pengetahuan tentang Internet, bisa membuat website/blog, bisa meulis artikel menarik, bisa mempromosikan suatu produk dan mahir dalam ilmu SEO (Search Engine Optimization), maka seseorang bisa menjadi Internet marketer. Biasanya, seorang Internet marketer tidak memiliki produk sendiri tetapi hanya memasarkan produk orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar